MotoGP

Rossi Minta Yamaha Kembangkan Perangkat Aero Swingarm Mirip Ducati

RSUSPORT.COMSembilan kali juara dunia, Valentino Rossi, rupanya mendesak Yamaha untuk mengembangkan aerodinamika swingarm yang serupa seperti Ducati. 

Gambar 1. Valentino Rossi
Yamaha sebenarnya merupakan tim yang pertama kali menggunakan perangkat winglet pada swingarm motor. Saat itu mereka menggunakannnya dalam balapan final di MotoGP Valencia 2018 yang mereka klaim berfungsi untuk menghalau air hujan di lintasan.
Tapi nampaknya, Ducati terinspirasi dari winglet tersebut untuk membuat perangkat aerodinamika. Skuat Borgo Panigale menjadi pionir ketika memperkenalkan perangkat baru tersebut pada gelaran MotoGP Qatar.
Meskipun sempat menuai protes dari empat tim pabrikan diantaranya Honda, Suzuki, Aprilia dan KTM, tetapi aero swingarm Ducati diputuskan legal oleh FIM. Rossi mengatakan harusnya Yamaha juga mengambil langkah yang sama dengan Ducati.
Gambar 2. Aero Swingarm Ducati
“Bagi saya itu adalah sesuatu yang bisa sangat penting bagi kami. Itu akan membantu ban belakang berkurang suhunya, seperti kata Ducati, sedikit lebih dingin. Dan itu akan bagus untuk balapan.
“Saya mendorong Yamaha untuk memiliki sesuatu yang serupa. Kami sudah memilikinya untuk (kondisi) basah. Saya harap kami bisa mencoba.”
“Saya rasa ini hal kecil, tapi menurut saya itu akan menjadi bantuan kecil. Saya berharap [memilikinya] sepanjang tahun ini, karena kami perlu terus bekerja.”
Ia juga menyoroti inkonsistensi Yamaha di musim-musim sebelumnya. Oleh karena itu, pebalap asal Italia itu menegaskan bahwa Yamaha harus bisa terus meningkatkan pengembangan teknis pada musim ini.
“Pada tahun-tahun terakhir, Yamaha memulai dengan baik di awal musim, [namun] Honda serta Ducati membaik dan kami tidak,” imbuhnya. “Dari sudut pandang ini, kami harus berusaha meningkat, tes demi tes sepanjang musim.”
0 Komentar untuk "Rossi Minta Yamaha Kembangkan Perangkat Aero Swingarm Mirip Ducati"

Terima Kasih Berkunjung Ke Blog Kami, Silakan Berkomentar Dengan Bijak. Komentar Spam Dan/Atau Berisi link Aktif, Tidak Akan Di Tampilkan. Terima Kasih

Back To Top